Ke Tanah Suci ku langkahkan kaki…

13 May 2011

Tepat di depan Masjidil Haram,

Tepat di depan Masjidil Haram,

Alhamdulillah di tahun ini aku berkesempatan untuk melakukan perjalanan rohani ke Tanah Suci Mekkah. Perjalanan yang belum pernah terpikirkan jauh sebelumnya. Sebetulnya dari tahun 2009, ketika aku ikut ESQ, aku sudah diajak umroh oleh teman-teman. Tapi waktu itu aku masih merasa belum siap. Ketika di tahun 2010 aku ikut ESQ lagi, di situ aku sudah mulai terpanggil dan mantap untuk berangkat ke tanah suci. Tapi karena kesibukan duniawi, akhirnya di bulan Maret 2011, aku baru melakukan perjalanan itu.

Selama di sana, aku merasa dekat sekali dengan Yang Maha Kuasa. Aku puas mengadu, menangis, bercerita sama Allah. Kontempelasi diri aku lakukan habis-habisan. Berusaha membuang segala perasaan kesombongan, karena di depan Kabah, ketika aku berdoa Aku merasa kecil dan bukan siapa-siapa.

Di Hijir Ismail dulunya tempat tinggal Nabi Ismail, sekarang menjadi makan ibu dan Nabi Ismail- aku melakukan Shalat Sunnah dan berdoa kepada Allah. Untungnya waktu aku ke sana, tidak terlalu penuh. Jadi aku bisa beribadah dengan lebih khusyuk.

\"Di

Yang membuat lebih nyaman, cuaca di Mekkah sedang sejuk, sekitar 20 derajat Celcius. Kira-kira seperti udara di Bandung pagi hari. Subhanallah. Walaupun begitu, aku tetep jaga makanan dan minum air putih banyak-banyak (minum Air Zamzam setiap hari hahaha), supaya tidak dehidrasi. Di sana buah-buahan murah dan kualitasnya bagus. Aku puas-puasin makan buah-buah seperti Jeruk Sunkist, Kiwi, Strawberry Puas.

Aku juga tetap makan teratur, supaya stamina terjaga. Sayang sekali kalau aku tidak bisa menyelesaikan syarat-syarat Umrah karena badan kurang fit.

Ketika tiba waktunya Tawaf Wada atau Tawaf perpisahan di Baitullah dan Masjidil Haram, aku menangis dan berdoa semoga aku bisa kembali lagi ke sana secepatnya. Ingin rasanya mengajak semua keluarga juga teman-teman untuk datang ke sana. Insya Allah bisa jadi kenyataan

Allahu Akbar.


TAGS indah dewi pertiwi idp Keci Music Keci Makkah Tanah Suci Umrah ESQ


-

Author

Follow Me